Manfaat Madu Bagi Tubuh

Manfaat madu bagi tubuh kita tidak perlu diragukan lagi. Kita tentu tidak asing dengan madu. Bahan makanan yang bersumber dari alam ini telah lama digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang istimewa. Madu tidak sekedar manis untuk pemanis makanan atau minumna, tetapi lebih dari itu madu dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Madu Bagi Tubuh

Manfaat Madu Bagi Tubuh

Bahkan manfaat madu bagi tubuh dan keistimewaan madu telah ada dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 68-69 yang berbunyi :

“Dan Tuhan-mu mewahyukan kepada lebah; Buatlah sarangdi bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-mu yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang memikirkan”.

Manfaat madu bagi tubuh sebagai bagian dari pengobatan telah digunakan oleh bangsa Mesir Kuno. Mereka menjulukinya sebagai “sari madu pada dewa”, sampai-sampai raja Mesir yang meninggal pun dibekali sebotol madu untuk kehidupan di alam baka. Sementara itu, dalam pengobatan tradisional Cina, madu digunakan sebagai penetral racun, menyeimbangkan fungsi hati, menghilangkan rasa sakit dan antibiotik.

Madu adalah zat manis alami yang dihasilkan lebah yang berasal dari bahan baku nektar bunga. Kandungan zat yang terkandung dalam madu adalah glukosa, fruktosa, maltosa, sukrosa, karbohidrat, enzim diatse, enzim invertase, dan zat warna yang bervariasi, bergantung pada nektar bunganya.

manfaat madu bagi tubuh memiliki beberapa jenis madu diantaranya:

Kualitas madu umumnya ditentukan dari asal bunga seperti bunga hutan, Madu Bunga Klengkeng, Madu Kopi , Madu Bunga Rambutan, Madu bunga Kapuk dan masih banyak lagi jenis madu lainnya.

Berdasarkan informasi penelitian dari para ahli, madu yang paling manis berasal dari nektar bunga Rambutan (Nephelium lappaceum ).
Berdasarkan riset dan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli dibidang Biologi, Kimia dan Kedokteran . ternyata madu memiliki manfaat dan khasiat yang banyak bagi kehidupan manusia seperti:

– Kandungan glukosa yang tinggi dalam madu berkhasiat untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat.

 

– Fruktosa, dapat mengurangi kerusakan hati.

– Enzim diatase dan invertase berguna untuk mengurangi pati, protein, dan glikosida yang berlebihan dalam tubuh.

Dalam penyembuhan dan pencegahan kanker, madu sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh. madu juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, baik luka kanker atau luka bekas operasi pengangkatan kanker.

Mengkonsumsi madu dapat dilakukan dengan berbagai cara, Madu dapat diminum dnegan mencampurnya denga obat herbal, mencampur dengan minuman sebagai pengganti gula atau dapat juga meminum langsung seperti meminum obat berbentuk cair. Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat madu, disarankan mengkonsumsinya setiap hari minimum 2 sendok makan.

Manfaat madu bagi tubuh yang kita gunakan untuk perawatan kulit tubuh anda. Untuk mengobati kulit yang rusak dan regenerasi sel kulit yang baru. Serta untuk melindungi kulit dari kerusakan ultrafiolet yang dapat pula digunakan sebagai tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Madu juga dapat digunakan untuk membersihkan muka. Madu adalah cara yang lebih alami dibanding dengan csabun cuci muka lainnya.  Serta dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang sulit anda hilangkan. Cukup dengan mengolesi bekas anda yang akan anda hilangkan menggunakan madu yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Madu membantu anda untuk membersihkan luka, mengurangi bau dan meningkatkan proses penyembuhan luka secara cepat. Dan manfaat bagi untuk tubuh yang membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh yang mencegah terulangnya infeksi pada luka yang sama.

Madu memiliki peranan penting dalam mengelola obesitas atau kelebihan berat badan. Madu juga dapat membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak. Manfaat madu bagi tubuh sebagai penghilang rasa lelah. Di akhir aktivitas/kerja yang kita jalani seharian ful, rasa capek pasti selalu datang menghampiri. Untuk mengurangi rasa capek atau lelah yang berlebihan di anjurkan untuk mengkonsumsi madu di segala rutinitas yang anda kerjakan.

 

Ciri-ciri madu murni yang anda butuhkan antara lain:

– Rasa manis yang lebih pekat dan tajam dibanding dengan gula lainnya.

– Madu asli yang akan langsung tenggelam apabila kita tuang dalam segelas air.

– Madu yang mengeluarkan gelembung gas saat botol madu di kocok.

– Madu asli akan membentuk kristal apabila kita campurkan dengan kuning telur.

– Hampir semua madu asli tidak akan berubah membeku saat dimasukkan pada lemari pendingin atau freezer.

– Mengetes kekentalan madu dengan menggunakan kertas koran, madu asli tidak akan merambes menembus koran.

– Madu yang asli tidak meninggalkan bekas noda pada kain ketika baju anda terkena tumpahan madu.

– Semut tidak menyukai madu asli karena madu yang asli memiliki kadar air yang rendah yang mampu membunuh semut itu sendiri.

Semoga info tentang manfaat madu bagi tubuh ini mampu membantu anda mengurangi permasalahan anda dirumah dengan keluarga anda. Serta dapat menjaga selalu kesehatan anda dan keluarga anda.


=====================================

>>> Madu Zein Berasal dari 100% Madu Murni Hutan Riau Untuk Menjaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh, Mengoptimalkan Kerja Jantung, Menambah Nafsu Makan, dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Menyembuhkan Beberapa Macam Penyakit!, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Manfaat Madu and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>